Tekankan Peningkatan Pelayanan, Pak Yes Ungkap Esensi Abdi adalah Melayani

Berita 23 November 2021

Tekankan Peningkatan Pelayanan, Pak Yes Ungkap Esensi Abdi adalah Melayani


Pak Yes, panggilan Bupati Lamongan, terus menekankan kesiapan seluruh aparat pemerintah dalam berbagai hal, terutama dalam pelayanan masyarakat. Menurutnya ASN adalah abdi negara, abdi masyarakat, yang memiliki esensi melayani dan hadir ditengah-tengah masyarakat.

"Prinsipnya adalah pemerintah hadir. Tidak peduli dari dinas apa dari instansi yang mana kita adalah satu tim, satu tim yang kuat. Kita harus hadir di tengah masyarakat dan harus siap dalam segala hal. Siap apa? Siap dalam pelayanan publik. Kita tidak boleh semakin menurun, harus semakin meningkat. Kita tunjukan kepada masyarakat bahwa kita sebagai ASN yang memiliki fungsi melayani ini mampu melayani publik, melayani masyarakat dengan baik," kata pak Yes.

Ditambahkan Pak Yes, pelayanan yang baik ini perlu adanya turun tangan pemerintah yang hadir secara langsung ditengah masyarakat. Sebagai yang diberi amanah, maka setiap lini pemerintahan harus mampu melaksanakan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya.

“Mumpung kita diberikan amanah ini, amanah menjadi pelayan masyarakat, mari kita gunakan sebaik-baiknya. Mari kita tinggalkan jejak yang baik. Kita berikan pelayanan yang terbaik untuk pelayanan masyarakat. Ini loh pelayanan publik yang baik. Kita kan abdi negara, abdi masyarakat, jadi esensinya abdi adalah melayani, bupati juga melayani, pelayan," kata Pak Yes.

Salah satu bentuk pemerintah hadir melayani masyarakat adalah dengan adanya Mall Pelayanan Publik (MPP) Lamongan yang diresmikan awal tahun 2021 ini, untuk mengupayakan pelayanan prima bagi masyarakat Kabupaten Lamongan. Berbagai inovasi dan kemudahan diciptakan dengan tujuan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan.

Pelayanan mulai dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah), BUMN (Badan Usaha Milik Negara), BUMD (Badan Usaha Milik Desa), Perbankan, hingga Kementerian dan Lembaga disatukan dalam satu tempat pelayanan ini. 

Tidak hanya memudahkan masyarakat dalam kepengurusan data, MPP Lamongan juga memberikan kemudahan-kemudahan dalam pengurusan perijinan. MPP Lamongan juga terus menciptakan inovasi-inovasi yang ditujukan untuk memudahkan pelayanan, salah satu inovasinya yakni kemudahan dalam pengurusan ijin usaha melalui OSS (Online Single Submission). 

Selain memberikan kemudahan ijin usaha, pelayanan MPP juga melakukan kegiatan jemput bola keliling ke daerah-daerah yang belum terakses internet untuk difasilitasi langsung di lokasi. Juga memberikan kemudahan dalam investasi yang segala teknisnya dapat dibahas dan diselesaikan di MPP Lamongan.

Selain bidang perijinan, pelayanan paling banyak diakses berdasarkan data di MPP yakni kepengurusan data di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Grafik pengunjung MPP terbanyak antara Senin atau Selasa, dan paling sedikit biasanya di hari Jum'at. Untuk hasil respon masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan di MPP Lamongan berada pada tingkat memuaskan.

Sumber : Prokopim

Posting Lainnya
Pak Yes Ajak Takmir Sertifikatkan Tanah Wakaf
12 Maret 2025
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengajak takmir masjid dan mushola mensertifikatkan tanah wakaf melalui program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) untuk memberikan jaminan legalitas. Ajakan tersebut [......]
Ruas Kembangbahu - Sukobendu Akan Dibangun Setelah Lebaran
12 Maret 2025
 Ruas Kembangbahu - Sukobendu akan dilakukan rekontruksi jalan. Pembangunan ruas tersebut akan dimulai setelah hari Raya Idul Fitri tahun ini.Meninjau secara langsung kondisi ruas Kembangbahu [......]
Bupati Yes Lakukan Tanam Padi MT II Untuk Wujudkan Target LTT
12 Maret 2025
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi lakukan tanam padi musim tanam kedua (MT II), Rabu (12/3) di Desa Sidomulyo Kecamatan Mantup pagi ini.Dituturkan oleh orang nomor satu [......]
Maksimalkan Serapan Gabah, Pak Yes Ikuti Rakor Bersama Satgas Sego Boran
11 Maret 2025
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi ikuti rapat koordinasi (Rakor) bersama satgas Sego Boran, Selasa (11/3) di Posko Satgas Sego Biran Kodim 0812.Rakor pagi ini membahas terkait [......]
Bupati Lamongan Paparkan Visi Misi dan Target di Seratus Hari Pertama Kerja
10 Maret 2025
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi memaparkan visi misi periode kepemimpinannya 2025-2030 pada rapat paripurna DPRD, Senin (10/3) di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Lamongan siang ini.Orang [......]
Pemkab Lamongan Cek Kesesuaian Takar Minyakita
10 Maret 2025
Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lamongan melakukan pengecekan takaran Minyakita yang beredar di Pasar Tradisional sesuai dengan volume label, Senin [......]
Kabupaten Lamongan Duduki Peringkat Pertama Rata-Rata IPKD MCP 2018-2024
06 Maret 2025
Pemerintah Kabupaten Lamongan duduki peringat pertama (kategori Pemerintah Kabupaten) pada rata-rata Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD) Monitor Center for Prevention (MCP).Pelaksanaan penilaian IPKD MCP ini [......]
Predikat Reformasi Birokrasi Lamongan Naik Kelas
06 Maret 2025
Reformasi birokrasi Kabupaten Lamongan tahun 2024 naik kelas dengan mendapatkan predikat A (memuaskan) dengan skor 86,48. Angka tersebut mengalami peningkatan dibanding dengan 2023 yakni predikat [......]
Pak Yes Pastikan Infrastruktur Mantap Saat Menjelang Lebaran
05 Maret 2025
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi pastikan menjelang hari raya Idul fitri 1446 Hijriah tahun 2025 infrastuktur Kabupaten Lamongan dalam kondisi mantap. Hal ini diutarakan saat Safari [......]
Digitalisasi Pajak, Berikan Kemudahan Untuk Masyarakat
04 Maret 2025
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyebut pembayaran pajak secara digital memberikan kemudahan bagi masyarakat. Pembayaran pajak secara non tunai atau cashless menghadirkan pelayanan yang lebih transparan dan [......]
Pencarian
LAPOR!

PORTAL BERITA KABUPATEN LAMONGAN

  • Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
  • diskominfo@lamongankab.go.id
  • +628113021708
© 2025 Portal Berita Kabupaten Lamongan