Berita 26 Mei 2021
Bertepatan dengan Peringatan Haji Jadi Lamongan (HJL)
ke-452 Bupati YES melaunching 5 aplikasi layanan masyarakat. Peluncuran
5 aplikasi itu dilakukan untuk menghadirkan pemerintahan yang lebih
dekat dengan masyarakat. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati YES saat
acara Pasamuan Agung Peringatan HJL ke-452, Rabu (26/5) di Pendopo
Lokatantra.
“Banyak perubahan-perubahan yang terjadi belakangan ini,
baik perubahan perilaku bahkan pandemi yang mengharuskan pemerintah
mengikuti perkembangan tersebut. Kita dituntut menjadi lebih aspiratif
dan adaptif sehingga mampu hadir di tengah masyarakat lebih dekat. Oleh
karena itu Pemerintah Kabupaten Lamongan melakukan digitaliasai
pemerintahan dengan meluncurkan 5 aplikasi yang memudahkan layanan
kepada masyarakat yakni Digital Signature (Tanda Tangan Elektronik),
Program 3 in 1, iLamongan, SIPPOMA, dan LAPOR PAk,” Ungkap Bupati YES.
Beliau
menjelaskan untuk Digital Signature terdapat beberapa OPD yang telah
menggunakannya salah satunya yakni DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan
Pelayanan Terpadu Satu Pintu). Untuk melakukan proses perijinan
penandatanganannya bisa dilakukan secara digital sehingga tidak perlu
menunggu atau tandatangan basah.
Program 3 in 1, dikeluarkan oleh
Disdukcapil yakni setiap mereka yang melahirkan di Rumah Sakit ataupun
Puskesmas saat pulang akan mendapat dokumen kependudukan berupa Kartu
Keluarga Baru, Akta Anak, dan Kartu Induk Anak (KIA).
Sedangkan, i
Lamongan merupakan aplikasi dari Perpustakaan Daerah Lamongan yang
menyajikan perpustakaan digital Lamongan sehingga bisa membaca buku di
rumah saja. Aplikasi bisa didownload secara gratis baik melalui Google
play maupun Appstore serta desktop melalui alamat
http://ilamongan.moco.co.id/.
SIPPOMA adalah Solusi Pelayanan Publik Berbasis Online
dan Mandiri dari DPMPTSP. SIPPOMA memberikan solusi bagi masyrakat dan
dunia usaha dalam melakukan proses pelayanan perijinan yang cepat,
mudah, transparan, serta professional. Pengaju Perijinan bisa memantau
dari rumah sampai mana proses perijinannya, apa saja yang kurang dan
perlu dilengkapi.
Yang terakhir yakni LAPOR PAK (Layanan Aspirasi dan
Pengaduan Online Rakyat) yang merupakan layanan penyampaian semua
aspirasi dan pengaduan masyarakat dengan motto “Berani Lapor untu
pelayanan public yang lebih baik”. Melalui aplikasi ini semua keluhan
masyarakat bisa disampaikan dan akan ditindaklanjuti secepatnya oleh
pemerintah daerah.
“Harapannya ke depan Pemerintah Kabupaten Lamongan
dapat memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, memberikan
kemudahan, dan memperbaikai kualitas layanan,” ujar YES.
Sumber : Prokopim Setda Kab. Lamongan