Akuntabilitas Kinerja Pemkab Lamongan Berpredikat A

Pemkab Lamongan mengawali kinerjanya di awal tahun 2019 ini dengan meyakinkan.

Berdasar evaluasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Standar Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pemkab Lamongan naik menjadi predikat nilai A, dari sebelumnya BB.

            Apresiasi tersebut disampaikan langsung Menpan RB Syafruddin kepada Bupati Fadeli dalam SAKIP Award 2018 Wiliayah II di Golden Tulip Galaxy Hotel Banjarmasin, Rabu (6/2).

            SAKIP ini bagai rapor bagi kinerja instansi pemerintahan. Baik kementerian/lembaga, pemerintah propinsi dan kabupaten/kota.

Dari hasil evaluasi itu pula, diketahui hanya ada 9 kabupaten/kota bersama Lamongan dengan predikat nilai A, dan belum ada yang AA.

Pemerintah kabupaten/kota yang memiliki SAKIP dengan predikat nilai A ini menunjukkan mereka mampu mempertanggungjawabkan hasil atas penggunaan anggaran.

Kemudian mampu menetapkan ukuran dan dan target kinerja yang jelas, serta menghemat anggaran melalui kegiatan yang berdampak langsung bagi pencapaian sasaran pembangunan.

            “SAKIP ini bukan sekedar penghargaan, namun sebagai perwujudan akuntabilitas kinerja kami kepada masyarakat. Karena dengan menerapkan SAKIP, kami memastikan bahwa setiap anggaran yang digunakan, benar-benar untuk kegitan prioritas yang dibutuhkan masyarakat, “ ujar Fadeli.

            Komitmen Fadeli dalam mengawal penerapan SAKIP ini ditunjukkannya dengan mengawal langsung progress di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah. Sehingga dalam tiga tahun, Pemkab Lamongan sudah mencapai SAKIP dengan predikat A.

Share post

Post A Comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.